June 09, 2009

Ganti Icon Blog-mu !!!!

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh


Pastinya, icon blog kamu seperti gambar di samping.. dan akan mupeng [muka pengen] klo ngeliat blog wahied yang ga seperti gambar di samping. wahied pengen berbagi neh hasil percobaan wahied tuk ngubah icon blog jadi keren sesuai apa yang kamu inginkan. Foto kamu juga bisa koq, tapi se-keren apapun foto kamu[buka kamu nya loh ya.. ^_^] ga akan keliahatan, coz gambarnya terlalu kecil.. ckckck. Percobaan ini tak lepas dari ilmu yang diajarkan kang NuMail lewat pencarian oleh Akang Google.. makasih ya akang-akang..

Pertama-tama, kamu musti nyediain file gambar dengan ukuran 50 x 50 pixel.. ga harus bujur sangkar seh, yang jelas ukuran maks nya 50 px. Klo kamu punya foto dengan ukuran yang gede, ya silahkan kamu edit dulu pake editor [photoshop ato Office Picture Manager], di crop trus di resize-> simpan -> dan upload gambarnya ke situs penyimpanan gambar [photobucket, flickr, picasa]. Alangkah lebih baik klo ukuran aslinya dah kecil kayak punya wahied, ga musti .jpg loh, .gif [gambar bergerak] juga bisa.

Langkah kedua, buka halaman administrator blog mu. Login di blogger.com -> Tata Letak -> Edit HTML. trus cari code seperti di bawah ini

<title><data:blog.pagetitle/></title>

<b:skin><![CDATA[


Trus masukin url gambar kamu yang kamu upload tadi di antara code-code tersebut. kalo wahied seh ngupload nya ke photobuket. kamu?? ^_^

<link href='kode url photo' rel='shortcut icon'/>

Contoh punya wahied:

<title><data:blog.pagetitle/></title>

<link href='http://i201.photobucket.com/albums/aa137/wahied13/pks/pinguin4.gif' rel='shortcut icon'/>

<b:skin><![CDATA[

Nah sekarang masuk ke langkah terakhir, langkah yang tak boleh dilangkahi. Klo kamu melewatkan langkah ini, kamu akan melakukan sebuah kesalahan, usahamu sia-sia, dan sekeren apapun gambar yang kamu upload, ga akan tampil di blog kamu. Perhatikan baik-baik. konsentrasi, pusatkan fikiran mu untuk blog mu.. Langkah terkahir : kamu lihat di bagian bawah setelah kotak yang berisi kode template, ada tombol berwarna orange. nah, baca basmallah terlebih dahulu, kemudian kamu klik kotak 'Simpan Template'.

Selamat mencoba.. Semoga berhasil, Hati-hati di jalan, jangan lupa berdoa. Doakan wahied cepet lulus yak dan ..... ^_^

Wassalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh


4 komentar:

Lina said...

Aku juga dah punya nih...

ekosulistio said...

makasih tutorialnya mas.... salam kenal

Seri said...

lengkap dan jitu cara sob buat tutorialnya. seorang newbie seperti aku ngak mungkin bisa silap lagi kali ini. makasih ya som salam dari seri.

Seri said...

lengkap dan jitu sekali tutorialnya sob. seorang newbie seperti aku ngak mungkin lagi buat silap untuk memasang icon kali ini. makasih dan salam dari seri

Post a Comment